News

Takaful Keluarga Dukung Pemerintah Kembangkan Asuransi Mikro Syariah

Senin, 09 Maret 2015


Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar focus group discussion terkait pengembangan asuransi mikro syariah di Indonesia pada Kamis (26/2/2015) bertempat di Menara Kadin Jakarta.

Direktur Utama PT. Asuransi Takaful Keluarga, Ronny Ahmad Iskandar, turut hadir dalam FGD tersebut bersama Rosan P. Roeslani (Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial), Moch Muchlasin (Direktur Industri Keuangan Non Bank Syariah OJK), Adi Pramana (Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia), beserta sejumlah undangan dari pelaku industri asuransi syariah dan institusi terkait.

Forum tersebut mendiskusikan asuransi mikro syariah memiliki peluang untuk tumbuh secara signifikan di Indonesia. Data dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) hingga akhir Juni 2014 menunjukkan total aset perusahaan asuransi syariah dan unit usaha syariah di pasar domestik mencapai Rp 19,68 trilyun, mengalami kenaikan sebesar 22,7% dari tahun periode sebelumnya. Sementara total investasi di asuransi syariah sudah mencapai Rp16,69 trilyun, tumbuh 22,81% per tahun.

Tren laju positif  industri asuransi syariah ini menjadi bekal yang bagus untuk menggenjot penetrasi produk asuransi mikro syariah dengan premi maksimum Rp 50 ribu terhadap masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp 2,5 juta per bulan.

Selaras dengan program keuangan inklusif OJK pada sektor asuransi, Rosan P. Roeslani mengatakan bahwa asuransi mikro syariah ditujukan untuk lebih menjangkau masyarakat berpenghasilan rendah supaya semua lapisan masyarakat berkesempatan memperoleh perlindungan atas risiko keuangan yang dihadapi bilamana tertimpa suatu musibah. Lebih lanjut Rosan optimis pertumbuhan aset asuransi mikro syariah dapat  mencapai 49% melihat mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim.  

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana pelaku industri asuransi syariah mampu mengembangkan produk-produk asuransi mikro syariah yang terjangkau, mudah dimiliki, menarik serta dibutuhkan oleh masyarakat. Berbekal 20 tahun pengalaman dalam industri ini, PT. Asuransi Takaful Keluarga berkomitmen penuh untuk menjawab tantangan tersebut.

Berita Terkait



Brand